Pages

Senin, 13 Juli 2009

Presentasi Sungsang

image

Umumnya beberapa minggu sebelum persalinan, posisi sebagian besar janin adalah pada posisi normal untuk persalinan fisiologi dimana kepala yang memasuki pintu atas panggul.

Bila ini tidak terjadi, dimana bokong atau kaki anak akan merupakan bagian terendah janin maka keadaan ini disebut sebagai presentasi sungsang .

Angka kejadian presentasi sungsang 1 : 25 kehamilan aterm.


Etiologi

Beberapa keadaan akan menyebabkan terjadinya presentasi sungsang, prematuritas merupakan penyebab utama.

Faktor predisposisi terjadinya presentasi sungsang adalah :

  1. Kehamilan kembar
  2. Jumlah cairan amnion yang abnormal : polihidramnion atau oligohidramnion.
  3. Lilitan talipusat
  4. Kelainan janin : hidrosepalus, anensepalus atau kelainan kongenital lain
  5. Kelainan uterus : bentuk uterus abnormal, mioma uteri
  6. Riwayat sectio caesar
  7. Plasenta previa

Epidemiologi

Angka kejadian pada kehamilan aterm 3 – 4 % dan pada saat awal persalinan sekitar 7%.

Pada kehamilan preterm, angka kejadian presentasi sungsang pada kehamilan 28 minggu kira-kira 25%.

Kategori

Terdapat 4 klasifikasi atau penggolongan presentasi sungsang :

FRANK BREECH – bokong merupakan bagian terendah dan kedua sendi paha dalam keadaan fleksi dan sendi lutut dalam keadaan ekstensi berada didepan tubuh janin ( pergelangan kaki mendekati telinga janin) , 65 – 75% presentasi sungsang berada pada keadaan frank breech
COMPLETE BREECH – kedua sendi lutut dan sendi paha dalam keadaan fleksi. Tungka bawah saling menyilang, kedua kaki teraba disamping bokong.

INCOMPLETE BREECH - Sebagai bagian terendah janin adalah satu atau kedua kaki dan bokong berada pada lokasi yang lebih tinggi. Keadaan ini juga dinamakan sebagai Letak Kaki
dan sering dijumpai pada kehamilan preterm.
LETAK LUTUT - bagian terendah janin adalah satu atau kedua lutut dimana sendi paha dalam keadaan ekstensi dan sendi lutut dalam keadaan fleksi . Ini adalah merupakan keadaan yang amat jarang

image

image

Bagaimana menegakkan diagnosa presentasi sungsang?

Beberapa minggu sebelum tanggal perkiraan persalinan, pemeriksaan kehamilan meliputi palpasi abdomen untuk menentukan kepala, bokong dan punggung. Pada presentasi sungsang, teraba bagian kepala pada fundus uteri dan bagian lunak diatas tepi atas simfisis. Konfirmasi dengan ultrasonografi dan pemeriksaan radiologis dengan sinar x dilakukan bila ada kecurigaan adanya presentasi sungsang.

1. Pemeriksaan Ultrasonografi:

Pemeriksaan USG yang dilakukan oleh operator berpengalaman dapat menentukan :

  1. Presentasi janin
  2. Sikap
  3. Ukuran
  4. Jumlah kehamilan
  5. Lokasi plasenta
  6. Jumlah cairan amnion
  7. Malformasi jaringan lunak atau tulang janin

2. Pemeriksaan dengan sinar X :

Pemeriksaan ini dapat membedakan dengan presentasi kepala dan pemeriksaan ini penting untuk menentukan jenis presentasi sungsang, jumlah kehamilan serta adanya kelainan kongenital lain.

image

Dapatkah presentasi sungsang dianggap sebagai keadaan yang patologis?

Sebagian besar persalinan pada presentasi sungsang dapat terjadi secara normal. Akan tetapi, mereka dalam situasi resiko tinggi dibandingkan persalinan pada presentasi belakang kepala. Cedera persalinan lebih sering terjadi pada persalinan pada presentasi sungsang.

Dapatkah presentasi sungsang diubah menjadi presentasi kepala?

Waktu terbaik untuk memutar janin adalah antara kehamilan 32 – 37 minggu, namun harus diingat bahwa presentasi sungsang hadir akibat adanya berbagai faktor predisposisi antara lain : lilitan talipusat, mioma uteri plasenta previa dsbnya. Hal-hal inilah yang mendasari pemikiran akan bahaya dari tindakan versi luar pada presentasi sungsang.

Tehnik Natural:

Terdapat dua tehnik natural yang digunakan oleh ahli terapi fisik Penny Simkin yang dapat dicoba sendiri dirumah tanpa resiko.

Mengangkat bokong: Tinggikan bokong sejauh 12 inchi atau 30 cm dengan menggunakan ganjal bantal selama 10 – 15 menit tiga kali sehari. Aktivitas ini dilakukan saat perut kosong dan saat anak anda sedang dalam keadaan aktif. Pusatkan perhatian (konsentrasi) pada bayi anda dan lakukan dengan santai terutama pada dinding.

Terapi musik: Kita sudah mengetahu bahwa tahu bahwa bayi mampu mendengarkan musik yang datang dari luar uterus, sejumlah wanita menggunakan musik atau suaranya sendiri dengan maksud agar bayi bergerak menuju kesumber musik. Headphones ditempatkan diperut bagian bawah sehingga dengan membunyikan musik atau suara anda sendiri, janin akan bergerak mendekatkan telinganya kearah sumber suara sehoingga terbebas dari presentasi sungsang.

Persalinan pervaginal atau sectio caesar?

Sebagian besar dokter ahli obstetri ginekologi tidak yakin bahwa persalinan per vaginam pada presentasi sungsang dapat berlangsung secara spontan tanpa intervensi.

Hal-hal berikut dapat digunakan untuk pertimbangan pemilihan persalinan per vaginam :

  • Kehamilan aterm dan posisi frank breech
  • Tidak ada tanda gawat janin
  • Proses persalinan berlangsung secara progresif dan sesuai dengan yang diharapkan
  • Janin tidak besar
  • Persalinan sectio caesar bila perlu dapat dilakukan secara cepat.

Apa resiko dan komplikasi persalinan pervaginam pada presentasi sungsang?

Pada persalinan sungsang, kepala janin adalah merupakan bagian terakhir yang masuk ke jalan lahir dan sedemikian keras untuk dapat melewati jalan lahir dengan mudah. Keadaan lin yang berbahaya adalah terjadinya prolapsus talipusat sehingga pasokan darah dan oksigen janin terganggu.

Kapan dilakukan sectio caesar pada presentasi sungsang?

Sebagian besar menyarankan agar dilakukan sectio caesar pada presentasi sungsang khususnya pada janin preterm. Janin preterm lebih kecil dan peka dan oleh karena ukuran kepala janin preterm lebih besar dibandingkan ukuran tubuhnya, selain itu bokong janin preterm tidak dapat menyebabkan proses dilatasi servik secara sempurna sehingga akan mengganggu proses persalinan kepala.


Rujukan :

William's Obstetrics Twenty-Second Ed. Cunningham, F. Gary, et al, Ch. 24.

Danforth's Obstetrics and Gynecology Ninth Ed. Scott, James R., et al, Ch. 21.


editor : dr.Bambang Widjanarko,spOG

0 komentar:

Posting Komentar